SMP NEGERI 2 MANYARAN online

PRIMA DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA BUDAYA BANGSA YANG LUHUR

Senin, 29 Maret 2010

Mengelompokan Data Excel
Dengan berkembangnya jumlah data di baris spreadsheet kita, kadang ‘memaksa’ kita untuk menyembunyikan beberapa baris agar tampilan terlihat tetap ringkas dan mudah terbaca. Untuk menyembunyikan baris-baris data yang tidak di perlukan, biasa kita akan menggunakan menu Hide. Sebetulnya cara ini sudah benar, tetapi tetapi saja ada kelemahannya, yaitu baris-baris data yang telah di sembunyikan seringkali benar-benar tidak terlihat oleh kita dan tidak jarang akan menimbulkan kebingungan bagi kita untuk menemukan baris-baris data yang telah di sembunyikan.
Dan untungnya Excel membuat lagi satu fitur yang menarik, yaitu Group dan Ungroup. Dengan Group kita dapat menyembunyikan baris-baris yang kita inginkan, dengan memperlihatkan di samping kiri baris-baris seperti gambar di bawah ini:

Untuk mengelompokan baris, sangat mudah. Tinggal blok range baris yang ingin anda kelompokan, lalu klik menu Data dan klik tombol Group (untuk Microsoft Office 2007 sedangkan untuk versi sebelumnya klik tombol Data -> Group and Outline).
Untuk menyembunyikan baris yang di Group, tinggal klik tanda minus (-). Dan untuk membuka kelompok baris yang di sembunyikan tinggal klik tanda plus (+) seperti gambar di bawah ini.

Dan untuk melepaskan baris-baris yang telah kita kelompokan, tinggal akses menu Data -> Ungroup (Microsoft 2007 sedangkan untuk versi sebelumya, klik menu Data -> Group and Outline -> Ungroup.
Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<b